Masa pandemik Covid – 19 yang terjadi di Indonesia memaksa guru Indonesia untuk melawan. Suatu tantangan besar bagi kita semua para guru untuk menghadirkan pembelajaran jarak jauh yang tetap efektif dan tidak melanggar prinsip – prinsip pendidikan. Tujuannya hanya satu bagaimana guru dapat menghadirkan sebuah skenario pembelajaran jarak jauh yang tetap terencana, mudah terealisasi dan mudah mengukur ketercapaiannya.

Setelah melakukan penelaahan secara mendalam dari berbagai sumber baik online maupun literatur serta informasi yang dibagikan oleh Kemendikbud RI, akhirnya penulis memilih platform Google Form dan Video Pembelajaran (Youtube Channel) untuk mendukung pelaksanaan pebelajaran jarak jauh. Bentuk pembelajaran yang saya buat disusun dalam sebuah modul pembelajaran. Modul pembelajaran ini dibuat untuk 1 s/d 2 pertemuan. Setelah selesai modul pembelajaran kemudian disusun ke dalam platform Google Form.

Mengapa memilih Google FormGoogle Form saya pilih sebagai platform karena feedback siswa dan hasil penugasan/pembelajaran dapat mudah terarsipkan biasanya dalam bentuk file Excel. Selain itu siswa juga merasa mudah mengerjakan karena tidak perlu melakukan login akun, dan lain-lain. Siswa hanya perlu mengisi identitas seadanya seperti NAMA, KELAS, NO ABSEN untuk memudahkan guru melakukan review hasil pengerjaan siswa.

Video pembelajaran di Youtube Channel pun menjadi pilihan untuk dikolaborasikan dengan Google Form tersebut. Seperti kita ketahui video pembelajaran dapat mendukung pemahaman siswa dalam pembelajaran. Artinya belajar lebih real karena kita dapat membuat video tampilan guru dan materinya secara jelas.

Strategi ini saya gunakan pada pembelajaran sejarah Indonesia TP 2019/2020 semester 1. Topik yang dipilih adalah Tantangan Awal Kemerdekaan (Pasca Proklamasi). Adapun tujuan pembelarannya adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis kondisi awal Indonesia Merdeka
  2. Menganalisis latar belakang kedatangan Sekutu dan Belanda

Setelah menentukan topik dan tujuan pembelajaran selanjutnya saya menyusun materi, modul dan membuat video pembelajaran yang kemudian saya upload ke Youtube Channel saya sendiri (DP_HISTORY_CHANNEL). Modul yang disusun kemudian dibuatkan versi Google Formnya. Adapun isi modul pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  1. Topik Materi
  2. Tujuan Belajar
  3. Identitas Siswa
  4. Mind Map Materi
  5. Rangkuman Materi
  6. Video Pembelajaran
  7. Fedback siswa berupa tulisan (karya siswa) paling banyak 2 paragraf mengenai isi video atau topic pembahasan
  8. Latihan Soal (pilihan ganda lebih baik agar langsung dibuatkan skor)

Setelah modul selesai kemudian link Google Formnya dibagikan di grup WhatsApp siswa dan kita jelaskan periode pengerjaan atau pelaksanaan pembelajaran tersebut. Sebagai catatan guru harus memiliki perencanaan waktu penugasan dan pembelajran yang bijak. Kita harus memikirkan kesehatan dan akses siswa. Saya membuat rentang waktu pembelajaran agak lama per satu modul yaitu selama 2 minggu karena saya memahami siswa belajar dengan tuntutan mata pelajaran yang banyak.

Selama saya menggunakan strategi di masa pandemik Covid-19 yang diawali bulan Maret 2019, pembelajaran dapat terlaksana dengan lancar dan terukur ketercapaiannya. Hasil pengerjaan siswa pun terarsipkan dengan baik dalam bentuk file Excel. Banyak siswa berkomentar terhadap modul yang dibuat di Google Form yang mudah untuk dikerjakan. Video pembelajaran yang diakses sangat menarik dan cukup mengobati rasa ‘kangen’mereka terhadap sekolah dan gurunya.

Terakhir, setelah melakukan refleksi terhadap pelaksanakan strategi ini selama 3 bulan, saya menemukan hal yang baru. Hal tersebut berkaitan dengan perubahan minat siswa terhadap pembelajaran meningkat. Respon mereka terhadap tugas naik dari sekitar 60% menjadi sekitar 90%. Artinya banyak siswa yang awalnya mengerjakan tugas kurang rajin menjadi rajin karena akses di gadget lebih mudah. Adapun yang tidak mengerjakan tugas biasanya yang memiliki keterbatasan perangkat saja (tidak memiliki HP). Untuk itu perlu dipikirkan oleh kita semua dan para stakeholder pendidikan di Indonesia bagaimana mendukung ketersediaan perangkat serta daya dukung lainnya seperti kuota internet dan aksesnya. (Ad)

SUMBER: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pemanfaatan-modul-pembelajaran-menggunakan-googleform-dan-video-pembelajaran-youtube-channel-untuk-mendukung-pembelajaran-sejarah-yang-efektif/

id
bandar togel ppidsulsel.net stmik-hsw.ac.id bprdesasanur.com sv388 widyagama.org univpancasila.com klik88 provider game slot www.paramadina.org slot gacor klik88 slot gacor scatter hitam slot gacor idn situs slot gacor live casino online game slot slot gacor pg slot gacor malam ini slot pragmatic play link tok99toto tok99toto login slot scatter hitam bojonegorokab.net menpan.net www.latinseminary.org k86sport login slot gacor zeus slot gacor idn slot mahjong mudah jackpot slot gacor 4d https://smpn10kotasukabumi.or.id/ slot klik88 klik88 login link kaizen88 mega wheel slot mahjong ways daftar slot gacor k86sport slot toto link k86sport fisip-upm.com freewebmenus.com provinsipapua.com https://dprk-lhokseumawekota.go.id/ slot gacor mahjong uin-suka.org unindra.net login kaizen88 situs kaizen88 kaizen88 login slot gacor server thailand slot gacor online kaizen88 terpercaya skyboost.org cookingfood.org
  • slot gacor
  • https://lillixonline.com/
  • https://trukbisindonesia.com/
  • https://www.universalcityrent.com/